Translate

Monday, April 6, 2015

IKAN ARWANA (Scleropages formosus)



IKAN ARWANA 

Ikan ini biasa disebut dengan namanya yaitu “Arwana” salah satu jenis ikan air tawar yang terkenal di Asia tenggara. Ikan Arwana juga banyak panggilan lokalnya seperti Ikan Siluk, Ikan Kayangan, Ikan Kalikasi, Ikan Kelasa dan Ikan Naga, karena ikan ini menyerupai naga (liong) pada Mitologi Tionghoa dengan badan pipih, sisiknya yang besar-besar dan dua sungut yang melekat diujung bibirnya. Penampakannya terlihat pada gambar dibawah ini.

Baca juga : Ikan Pari (Potamotrygon)




KLASIFIKASI :

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Oseteoglossiformes
Famili : Osteoglossidae
Genus : Scleropages
Spesies : Scleropages formosus


Ikan Arwana termasuk hewan purba yang masih hidup hingga saat ini dan saat ini ikan tersebut merupakan ikan yang dilindungi. Ikan Arwana termasuk ikan predator atau bisa di bilang ikan buas karena memakan ikan-ikan kecil, serangga, kadal dan sebagian amfibi. Ikan ini tidak tampak seperti predator lain karena lekuk-lekuk badannya sangat indah bila berenang pada aquarium. Jenis spesies yang beragam menambah daya tarik untuk memelihara predator yang satu ini contohnya saja Ikan Arwana Hijau, Ikan Arwana emas, dan Ikan Arwana Irian ditemukannya pun berbeda beda tersebar di Asia Tenggara. Ikan Arwana paling banyak ditemukan khususnya di Indonesia karena kondisi alam yang cocok untuk habitat hidup ikan ini.

Ciri-ciri Ikan Arwana : 



  • Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip punggung, bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kokoh, jumlah giginya 15-17. 
  • Panjang Arwana dewasa, antara 30-80 cm. Sisiknya berukuran besar dan permukaanya mengkilap.
  • Bentuk sisiknya melingkar. Warnanya sangat beranekaragam, antara lain perak, hitam, emas, dan merah.



Untuk lebih gampangnya, banyak yang memberi nama Arwana berdasarkan warna sisiknya, misalnya Arwana hijau (Green Arowana), Arwana hitam (Black Arowana), Arwana perak (Silver Arowana), Arwana kuning (Golden Arowana), dan Arwana merah (Red Arowana). Arwana merah di bagi lagi menjadi tiga jenis, yakni merah biasa (Red Banjar), merah kuning (Golden Red) dan sangat merah (Super Red). Gambar penampakannya dapat dilihat di bawah ini.



Gambar ciri-ciri Ikan Arwana



Gambar beberapa Ikan Arwana nama dan jenisnya di kenal dari warna yang terdapat pada sisiknya.


Jenis Ikan Arwana : 1) Red Banjar Arowana; 2) Golden Arowana; 3) Golden (cross back golden (CBG)); 4) Green/Golden Pino Arowana; 5) Golden Red (Red Tail Golden (RTG)) Arowana; 6) Black Arowana; 7) Super Red Arowana.



Jika ingin memelihara Ikan Arwana kita harus memperhatikan hal berikut ini :

Peralatan pokok dalam aquarium :
  1. Aerator, Aerator gunanya untuk memasok oksigen dalam aquarium dan mengusir karbondioksida.
  2. Filter, Filter yang sering dipasang untuk akuarium Arwana yaitu filter tempel yang portable atau filter gantung yang dipasang pada bagian atas aquarium.
  3. Lampu, Lampu aquarium biasanya dipasang pada penutup aquarium, sehingga tersembunyi dan hanya pantulannya saja yang kelihatan menerangi Arwana.
  4. Thermometer, Thermometer dipakai untuk mengetahui suhu air aquarium.
  5. Heater dan thermostat, Alat pemanas yang sering dipakai untuk menaikan suhu air adalah heater dan thermostat. Alat ini sangat penting, bukan saja untuk menaikan suhu hingga berada pada kisaran yang optimum, namun juga untuk mencegah agar suhu senantiasa stabil.
  6. Kertas pH dan alat pengukur pH lainnya, Kertas pH dibutuhkan untuk mengetahui keasaman dari air aquarium, karena Arwana membutuhkan air yang sedikit asam sampai netral. Untuk menetahui cocok tidaknya keasaman air itu bisa dipakai kertas lakmus dan alat pengukur pH lainya, seperti pH meter.
  7. Alat-alat lainnya, Alat lainnya yang dibutuhkan dalam perawatan arwana misalnya selang plastik penyifon, ember plastik untuk menampung dan membuang kotoran, batu apung pembersih kaca, kain lap, dan lainya.



Jenis pakan juga harus di perhatikan, pakan yang perlu diperhatikan tidak hanya menyangkut jenis dan jumlah pakan, tetapi juga tehnik pemberiannya. Arwana lebih menyukai makanan yang masih hidup. Berikut ini disajikan berbagai jenis makanan Arwana :
  1. Kelabang (Scolopedra subspinipes)
  2. Katak (Rana cancrivora)
  3. Kadal (Mabouya multifasciata)
  4. Jangkrik (Teleogryllus testaceus)
  5. Ikan Hidup (anakan ikan mas, guppy, ikan sepat dll)

Perawatan rutin :


  • Pemeriksaan suhu air
Pemeriksaan suhu air dalam akuarium Arwana harus dilakukan setiap hari. Apabila ternyata suhu air terlalu dingin maka perlu dipasang heater.

  • Pemeriksaan pH air
Arwana biasanya menghendaki air dengan pH netral atau sedikit asam. Untuk mengecek pH air cukup dilakukan 1 minggu sekali. Untuk mengetahui pH air aquarium secara tepat bisa dipakai alat pH meter.

Pengaruh pH Air terhadap ikan Arwana:

  • 4-5     Asam dapat membuat kematian pada ikan
  • 4-6,5  Membuat pertumbuhan ikan menjadi lambat
  • 6,5-9  Baik untuk pertumbuhan ikan
  • >10    Tingkat basa yang mematikan

Kotoran Arwana lumayan banyak. Sisa pembuangan Arwana ini perlu segera dikeluarkan karena akan membusuk yang lebih lanjut bisa berakibat menurunkan kualitas air. Parameter kualitas air yang disyaratkan untuk budidaya Arwana adalah :



  1. Temperatur 25-30 °C
  2. pH 6,0-7,0
  3. Kandungan Oksigen (DO)lebih dari 5 ppm, dan
  4. Kandungan Karbondioksida kurang dari 2,5 ppm


JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR YANG MEMBANGUN & JOIN DENGAN SITE SAYA, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA SEMOGA ADA MANFAATNYA


1 comment: