Translate

Friday, June 8, 2018

Zhen Zhu/Chencu Lou Han

ZHEN ZHU/CHENCU


Louhan Cencu ini konon berasal dari perkawinan dari Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatum).

Zhen Zhu


Ciri ciri jenis louhan Cenchu / Zen Zhu secara umum :

  • Mata menonjol keluar dengan warna mata merah atau kuning.
  • memiliki sirip dan ekor yang "lunak" atau lemas, pada umumnya sirip louhan Cencu lunak, ketika siripnya tumbuh semakin panjang dan lebar maka keindahan louhan cencu akan semakin terlihat. Akan tetapi ketika louhan cencu usianya semakin tua maka siripnya akan menjadi sedikit kuncup, seperti layaknya ikan cupang (betta).
  • Ada jarak yang lebar antara sirip dan ekor.
  • bodi oval seperti telur.
  • terdapat Head marking di kepalanya, walaupun sekarang ada juga jenis kamfa memiliki marking dikepala, louhan cencu lahir dari persilangan Amphilophus Trimaculatus, maka dipastikan harus memiliki marking pada bagian kepala. Seperti layaknya nenek moyangnya " Amphilophus Trimaculatus ".
  • mulutnya lebih "monyong" di banding jenis Kamfa dan mulut bawah lebih panjang dari mulut atas.

Grade A,B,C, sistem grade berdasarkan garis marking dari body :

  • grade A marking sampai pipi,
  • grade B marking setengah badan
  • grade C marking hanya 1 atau 2 di bagian badan

Zhen Zhu, dibagi dua tipe klasik dan modern.
  • Klasik : cirinya mutiara tidak dominan,hanya saja unggul pada warna merah cerah pada body, body agak membulat dan umumnya kepala ikan louhan cencu klasik lebih terlihat bulat dan benjolan kepala lebih besar. Pada bagain jenong bersifat bone head (jenong berstruktur tulang). Bentuk tubuh lebih terlihat lonjong memanjang. Ukuran tubuh ikan louhan cencu klasik lebih besar dibandingkan ikan louhan cencu modern. Sirip tidak mudah layu. Anakan ikan louhan cencu klasik dengan kualitas super akan memiliki warna mata merah terang dan pada bagian jenong berwarna merah muda.


penggemarikan.blogspot.com

  • Modern : cirinya mutiara sangat dominan disekujur tubuh, sampai-sampai pola mutiara memenuhi sirip dan kepala. Tubuh bentuknya persegi dan bertipe waterhead (ada kandungan air di dalamnya). Ukuran jenong ikan louhan cencu modern lebih kecil. Jenong ikan louhan cencu modern akan tumbuh pada ukuran tubuh lebih dari 10 Cm. Jika ada ikan louhan cencu modern dengan corak mutiara sampai benjolan kepalanya maka akan membuat harga ikan lebih mahal. Corak mutiara pada tubuh ikan juga lebih besar dan memiliki dua bagian warna yang berbeda. Anakan ikan louhan cencu modern juga lebih mahal dibandingkan anakan ikan louhan cencu klasik

ikanhias-id.blogspot.com

Dari jenis Chencu ini di kawin silangkan lagi menjadi banyak jenis /strain baru dalam diantaranya SRD (Super Red Dragon), Blue Dragon Louhan, Red Magma/ Super Red Magma (SRM) dan banyak lagi.


REFRENSI :
Henryyunianto.blogspot.com
Ikanhias-id.blogspot.com

No comments:

Post a Comment