Translate

Friday, June 8, 2018

IKAN LOUHAN ( Amphilophus trimaculatus)



IKAN LOUHAN 

Ikan Louhan sudah dikenal sejak tahun 1993-sekarang. Sudah mulai dikenal sajak ikan ini terlihat unik, dengan memiliki benjolan di kepalanya (Karoi). Ikan Louhan awalnya terkenal di bagian barat negara Malaysia, setelah Amerika Tengah mengimpor Ikan Cichlid pada tahun 1994 ke Malaysia dan Taiwan juga mengimpor ikan ini ke Malaysia. Ikan ini juga dikenal membawa keberuntungan bagi masyarakat Taiwan. Ikan ini juga dipercantik dengan perkawinan silangnya dari dua negara tadi, jenis Iblis merah Cichlid dari Amerika dan Parror Cichlid dari Taiwan.

Tahun 1995 pada jenis ini dilakukan perkawinan silang secara lanjut, dan menghasilkan jenis baru yang lebih cantik karena warnanya yang indah dan dikenal sebagai Five-Colors God of Fortune. Ikan ini selalu diujicoba dengan mengawinsilangkan, hingga pada tahun 1998 jenis Greenish Gold Tiger dari Amerika dikawinkan lagi dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Pada jenis ini menghasilkan Hibrida Flowerhorn Hua Lou Han yang kita kenal sekarang ini. Ikan Lou Han ini juga terkenal dengan kecantikan dan ikan Lou Han ini memiliki harga yang cukup mahal, kisaran 325.000 ukuran 12 cm. Harga Ikan Louhan dewasa bisa mencapai kisaran harga 2.000.000 - 5.000.000 Rupiah tergantung dari kecantikan ikan tersebut. Harga Ikan Louhan kualitas export bisa sekitar 428.756 USD per ekor.


Baca juga : Ikan Koi (Cyprinus carpio)



majalahikan.com

KLASIFIKASI :
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Cichlidae
Genus : Amphilophus
Spesies : Amphilophus trimaculatus 




Ciri-ciri Ikan Louhan :
  • Ciri paling menonjol dari Ikan Louhan adalah bentuk kepalanya yang menonjol atau menggunung, tonjolan di kepala jantan lebih besar dari pada betina.
  • Memiliki warna yang beraneka ragam dan identik cerah, dan memiliki sisik berwarna hitam pada bagian tubuhnya memanjang horizontal (sepintas seperti tulisan kanji Jepang atau Cina).
  • Memiliki kepala yang kecil dan ekor seperti ikan Mujair.
  • Memiliki mata berwarna merah dan bulat besar, dan juga jenis bibir seperti pada ikan mas/ikan koi.
  • Termasuk ikan karnivora 
  • Bentuknya seperti ikan Cichlid, karena memiliki kekerabatan yang dekat dengan ikan ini.
duniasatwa.com

Habitat :
Ikan Louhan merupakan ikan air tawar yang ditemukan di perairan Malaysia, Taiwan dan Thailand.

Jenis Ikan Louhan : 

Skema Perkembangan Ikan Louhan


Pakan Ikan Louhan, tergantung jenis umurnya :
  1. Cacing Tanah (dewasa)
  2. Udang (dewasa)
  3. Pellet (dewasa)
  4. Cacing Rambut (umur > dari 1 bulan)
  5. Cacing Darah (umur > 1 bulan)
  6. Artemia (umur 4 hari-1 bulan)
  7. Dahpnia (umur 4 hari-1 bulan)
  8. Moina (umur 4 hari-1 bulan)

Parameter kualitas air untuk kelangsungan hidup Ikan Louhan adalah :
  1. Temperatur 26-30 °C , suhu yang rendah membuat ikan tidak nafsu makan dan pertubuhannya terganggu.
  2. pH 6.5-7.2, pH yang tinggi membuat ikan louhan kehilangan nafsu makan dan juga mudah terserang berbagai penyakit.

Reproduksi :

  • Induk jantan memiliki sirip yanh lebar dan juga besar.
  • Warna ikan jantan biasanya lebih terang dari yang betina khususnya pada bagian sirip.
  • Di bagian kepala terlihat berbeda, jantang lebih menonjol sedangkan betina rata.
  • Cara melihat apakah jantan atau betina dengan menekan bagian bawah perut ikan, jika panjang meruncing berarti ikan tersebut jantan, jika membulat dan pendek berarti betina.
  • Sirip punggung jantan biasanya berwarna cerah, sedangkan betina terdapat spot hitam. 

Cara Pemijahan :
  1. pilih calon indukan yang sudah siap dipijahkan (jantan harus berukuran lebih besar dari betina agar tidak berkelahi).
  2. letakkan kedua induk tersebut dalam satu akuarium yang telah diberi sekat pemisah dari kaca. tujuannya agar mereka terbiasa satu dengan yang lainnya.
  3. Ketika louhan betina telah menunjukkan tanda-tanda bertelur, lepaskan sekat pemisah. Setelah sekat pemisah dilepas, amati perilaku kedua louhan. Jika keduanya terus berkelahi, segera pisahkan kedua louhan. Upaya penyatuan kedua louhan dapat dilakukan beberapa minggu kemudian atau dapat juga mengganti pasangannya. 
  4. Jika pemijahan berhasil, amatilah tingkah laku kedua louhan. Jika kedua induk akur dan menjaga telurnya, biarkan mereka tetap bersatu. Jika kedua induk cenderung untuk berkelahi, pisahkan induk jantan dari induk betina agar induk betina menjaga telur tersebut. Jika induk betina memakan telurnya, pisahkan insuk tersebut dari telurnya.
Ikan Louhan jantan (Male) memiliki alat kelamin berbentuk V atau meruncing keujung, sementara ikan louhan betina (Female) memiliki bentuk seperti huruf U dan membulat di ujungnya.



Proses Telur Menjadi Burayak :
  • hari pertama : Induk bertelur dan proses pembuahan oleh jantan.
  • hari 2-3 : Telur mulai tampak bintik hitam, tanda-tanda ada kehidupan. Embrio mulai terbentuk. Apabila telur berwarna putih keruh, berarti telur gagal dibuahi.
  • hari ke 4 : Telur mulai menetas, bentuk burayak masih belum terlalu sempurna, dan tidak perlu diberi pakan, karena masih ada makanan alaminya.
  • hari ke 7 : Burayak mulai berenang bebas, sudah bisa di berikan artemia yang telah dikulturkan, bisa diberikan juga kuning telur yang sudah direbus atau susu bubuk, tapi dapat menyebabkan air cepat kotor.
  • Hari 15-24 : Burayak tumbuh, pakan dapat menggunakan kutu air (daphnia), penggantian air dilakukan seperlunya, kita dapat menggunakan breeding sponge, atau ganti air sekitar 5-10%. Penggantian air harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan.
  • hari 25-26 : Burayak dapat diberi cacing sutera untuk mempercepat pertubuhannya.

Penyaki dan Penanggulangannya :

  • White spot atau bintik

Timbulnya bintik putih pada sisik Ikan Louhan. White spot disebabkan oleh jamur. jamur ini sering muncul dikarenakan buruknya kualitas air yang digunakan. White spot sendiri sangat sulit untuk disembuhkan, maka dari itu kita harus menjaga kualitas air agar tetap terjaga dengan baik kualitasnya. Pencegahan : Pemberian garam ikan ke dalam akuarium akan membantu pencegahan munculnya jamur yang menyebabkan penyakit White spot.


  • Bisul mulut
Louhan yang terkena mulut bisulan ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi karena serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, dan pakan yang tidak cocok. Pencegahan : Mulut bisulan dapat disembuhkan dengan cara menisolasi ikan Louhan dalam akuarium khusus. mulut Louhan yang bisulan diberi antibiotik. selama dalam perawatan, puasakan ikan Liuhan selama 2-3 hari. Setelah itu berikan pakan yang bergizi.  


  • Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan


Cacat atau luka pada louhan dapat terjadi karena berkelahi dengan ikan lain atau karena kualitas air yang jelek. Pencegahan : Penyakit ini dapat disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium khusus dan mengobati luka dengan menggunakan antibiotik. Selama dalam perawatan, louhan diberi pakan yang bergizi agar cepat sembuh.

  • Stres Pada Ikan Louhana
Jika warna tubuh louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut mengalami stres. Louhan dapat mengalami stres karena berbagai hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah, pakan yang buruk, takut terhadap musuh, atau sorot lampu dan warna baju. Pencegahan :  untuk mengatasi stres pada louhan dapat dilakukan beberapa hal. Agar lou han tidak stres, akuarium diletkakan 80 cm di atas lantai, louhan diberi pakan yang sesuai, dipisahkan dari ikan lain, dan dibiasakan menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget. 

  • Kembung dan busuk Mulut


Jika perut louhan membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit busuk mulut. Penyakit ini dapat timbul karena pakan yang tidak higenis. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higenis dapat menyebabkan busuk mulut. Penyakit busuk mulut ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor.  Pencegahan : kedua penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan cara pemberian obat. Caranya louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tersebut, louhan juga dapt diterapi dengan menggunakan air hangat dan garam ikan. Selama menjalani terapi ini louhan dipuasakn selama 3 hari.


REFERANSI 

Kaskus.co.id



JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR APABILA ADA YANG INGIN DITANYAKAN DAN JOIN DENGAN BLOG SAYA, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment