Translate

Saturday, June 2, 2018

Sanke Koi

Taiso Sanshoku atau yang dikenal sebagai Sanke yang berarti tiga warna, disebut demikian karena jenis ini pertama kali dipertunjukkan di pameran Taisho pada tahun 1915, dan atas jasa Eizburo dari Takezawa yang hingga saat ini kita dapat melihat Koi jenis ini. Sanke merupakan ikan non-metalik dengan pola warna ganda merah, putih dan hitam. Warna putih pada bagian tubuhnya dan dihiasi dengan warna merah dan hitam di punggungnya. Warna hitam pada Sanke berupa bercak kecil di seluruh tubuh ikan kecuali kepala berbeda dengan jenis Showa yang besar-besar bercak. Sanke yang memiliki kualitas baik ada lah yang memiliki warna putih polos seperti salju dan merah dan hitam yang mencolok.

pinterest.com

Terdapat beberapa jenis Ikan Koi Sanke yang tersebar di beberapa negara, dengan kriteria yang sudah di jelaskan diatas. Berikut adalah Koi jenis Sanke :

  • Aka-Sanke

wisikoi.nl

Pada jenis Ikan Koi Aka-Sanke memiliki ciri warna merah yang menutupi seluruh bagian punggungnya, karena sudah di jelaskan dari namanya Aka dalam bahasa jepang berarti merah.

  • Konako Sanke

koishop.de

Jenis Konake Sanke adalah jenis yang unik, pada jenis ini warna merah pada bagian suminya seperti terpisah dengan yang lainnya, membentuk bulat-bulatan kecil di sekeliling suminya.

  • Tancho Sanke

genkikoi.com

Pada jenis Tancho sanke sudah pasti di area kepala ikan ini memiliki bercak merah yang membulat, sama seperti jenis Tancho lainnya.

  • Koromo Sanke

pinterest.com

Pada jenis Koromo Sanke ini juga termasuk pada jenis Koromo, karen bentuknya yang sama. Bentuk suminya seperti diselimuti jaring hitam. Bentuk sumi tersebut terjadi karena warna sisiknya menyatu warna hitam dan merahnya seperti bertindihan.

  • Doitsu Sanke

andrewskoi.com

Pada jenis Doitsu adalah percampuran antara kerper koi jepang dan koi jerman, bentuk seminya merah cerah dan putih yang sempurna. Pola Hi pada ikan ini juga sempurna karena memiliki garis yang tegas.

  • Kinginrin Sanke

grandkoi.com

Pada jenis Kinginrin Sanke memiliki jenis sisik yang berbeda dengan jenis Sanke lainnya, karena sisiknya yang memantulkan cahaya yang indah seperti berlian pantulan cahayanya sesuai jenis sisik yang biasa pada jenis Gin Rin.

  • Taisho Sanke Hikari-Moyo

nishikigoilover.blogspot.com

Sama seperti jenis Hikari-Moyo lainnya yang memiliki warna silver atau metalik pada tubuhnya di padu dengan merah, hitam, dan putih.


REFERENSI :

Scribd.com


2 comments:

  1. Bagus... Ku suka suka suka...
    Tampilan nya di perbaiki lebih bagus... Terus iklan kliknya itu. Semangat

    Tafshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih untuk masukkannya, smoga bisa jadi lebih baik...:)

      Delete