Translate

Friday, May 18, 2018

IKAN DATZ, TIGERFISH (Datnioides)



>>>ARTIKEL MENARIK LAINNYA SEPUTAR IKAN HIAS AIR TAWAR TROPIS<<<

Selamat datang kembali di Blog aquatic_id, kali ini sedikit materi baru mengenai ikan hias air tawar dan merupakan salah satu ikan predator dikelasnya yaitu jenis Datnioides.


Datnioides adalah genus dari ikan asli  air tawar yang memiliki tiga ekor, ikan ini memiliki garis garis hitam di tubuhnya, Dan hanya satu satunya genus di family Datnioididae. Ikan ini di temukan pada area estuari (daerah pertemuan antara air tawar dan air laut) di asia thailand dan indonesia. Tigerfish sangat agresif terhadap spesies ikan kecil dan kadang bertengkar dengan Datz lainnya karen termasuk ikan teritorial juga. Tigerfish mempunyai tinggi dengan dahi miring tajam, berwarna emas dan ditutupi dengan garis vertikal hitam yang memanjang di seluruh tubuh. Tergantung pada lokasi geografisnya. Ikan ini memiliki antara 5 dan 7 bar. Tigerfish dapat tumbuh hingga 18 inc di alam liar, tetapi mereka jarang mencapai ukuran ini di akuarium rumah. Di dalam lingkungan captive mereka biasanya hanya akan mencapai antara 10 sampai 14 inc. Ikan ini bisa hidup hingga 15 tahun jika dirawat dengan baik dan di tempatkan di akuarium besar.


rebanas.com

KLASIFIKASI:

Kingdom: animalia
Phylum : chordata
Class : actinopterygii
Order : perciformes
Suborder : percoidei
Family : datnioididae
Genus : datnioides
Species :

Ikan datz adalah ikan teritorial, perkelahian antara individu sejenis yang tidak dapat dihindari. Lebih baik tidak menyimpan hanya satu pasang tiger fish yang sama dalam tangki. Jika ingin memelihara tiger fish lebih dari satu maka harus ada tiga atau lebih tiger fish dalam satu aquarium. Ikan datz juga bisa di satukan dengan jenis ikan lainnya contohnya adalah ikan arwana, pari air tawar (fresh water), dan pleco. Ikan Datz memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Artinya bahwa ikan ini memerlukan waktu cukup lama untuk berukuran besar. Harga ikan Dutz/Datnoid ini bisa mencapai 300.000 Rupiah - 500.000 Rupiah satuannya, tergantung ukurannya. Ikan ini diexpor  dengan Harga ikan Dutz/Datnoid berkisar 20.71 USD per ekor untuk ukuran 12 cm.





seriouslyfish.com


Pada jenis ini bedanya dengan yang lain adalah warnanya yang silver dan juga loreng yang tebal dan seperti terdapat bayangan loreng di belakangnya. ikan ini terdapat di berbagai negara yaitu : Dari India (Chilka Lake, Mahanadi and Hooghly Rivers), Bangladesh (Sungai Ganges Delta), Myanmar (Yangon dan Sungai Salween), Thailand (Danau Songkhla, Tha Taphap dan Sungai Chao Phraya), Vietnam (Sungai Mekong Delta), Malaysia (Perak, Bernam,  dan Sungai Melaka, Peninsular Malaysia; Sahrawak dan Sungai Rajang, Sarawak, Borneo), Singapore (Pulau Ubin), dan Indonesia (Sungai Batang Hari, Sumatra; Sambas; Kapuas dan Sungai Barito, Klimantan, Borneo).

tropical-fish-keeping.com

Jenis ini berasal dari Papua Newguinea. Tidak seperti ikan Datz pada umumnya, pada ikan Papua Datz memiliki loreng loreng di bagian tubuhnya dan terkesan kotor dan tidak cantik. namun banyak penghobi yang menginginkan jenis Datz ini untuk melengkapi koleksi Datz mereka.

diszhal.info

Indo Datz adalah jenis yang paling banyak ditemukan di pasaran ikan ini berasal dari Indonesia. Sekilas mirip dengan Siamese tigerfish hanya saja warnanya tidak secerah siamese datz. Jumlah lorengnya pun lebih banyak dari pada Siamese Tigerfish. Penyebaran Indo Datz ini meliputi pulau Kalimantan dan Sumatera. Indo Datz dari Kalimantan memiliki warna lebih ke oranye. Sementara yang berasal dari sumatera berwarna kuning.

ayat-1000dinar.blogspot.co.id



Jenis Siamese Tigerfish ini merupakan salah satu jenis yang memiliki warna paling cantik. Berasal dari Siam asia tenggara dan juga dari thailand, vietnam, laos dan kamboja biasanya ikan ini ditemukan. Jenis ikan ini adalah yang termahal. Harga Datnioides Pulcher menjadi sangat mahal karena populasinya sudah terancam punah akibat over fishing, perdagangan dan rusaknya habitat. 





PERCIFORMES/Datnioididae/Datnioides_
undecimradiatus2.html

Jenis ini memiliki warna yang cerah dengan warna keemasan yang terlihat dengan loreng tipis dan jarang di tubuhnya, jenis ini di temukan di negara thailand, mekong.




tropical-fish-keeping.com


PARAMETER KUALITAS AIR :

Temperatur : 23-26 ⁰C
pH : 10
gH : 10
kH : 2
Amonia : 0 ppm
Nitrit : 0.1 ppm
Nitrat : 60-80

HABITAT :

Pada dasarnya habitat ikan Datz adalah sepanjang sungai dari hulu ke hilir, menurut penghobi untuk pH air seperti habitatnya yaitu sangat wide. pH 7.4 ikan ini bisa lahap untuk nafsu makannya dan warna juga akan lebih stabil dan warna lebih keluar pastinya. Tapi secara umum ikan Datz lebih menyukai pH 7 keatas karena di alam liar ikan ini sesekali suka ke muara sungai juga, tetapi itu bukan habitatnya,  jenis seperti ini biasanya di temukan pada Silver Datz yang memang nyaman dengan kondisi air payau atau Fresh water. sedangkan jenis Datz lain tidak nyaman dengan kondisi air yang payau dan lebih memilih fresh water. Ikan Datz juga merupakan ikan yang cukup bandel juga dengan kualitas air, dalam artian ikan ini bisa bertahan walaupun kondisi air jelek, akan tetapi rentan Cloudy eyes.

MAKANAN :

Ikan Datz termasuk ikan karnivora maka dari itu ikan ini bisa diberikan pakan alami seperti ikan-ikan hidup, bisa dari jenis Molly atau burayak yang lebih kecil tergantung ukuran ikannya. Dan alternatif lain bisa juga digunakan udang beku atau dengan jenis udang-udangan lainnya.

SETUP AQUARIUM :

Untuk setup aquarium sama seperti aquarium ikan predator lainnya, tetapi dapat ditambahkan kayu bakau berfungsi untuk tempat Shading dari ikan ini dan juga karena cara ikan Datz berburu dalah dengan sistem ambush (menyergap), sehingga membuat ikan nyaman dengan ditambahkannya kayu bakau, jenis yang bisa digunakan adalah Vallesneria. Dan yang terpenting harus meyiapkan sumber kandungan oksigen yang tinggi, karena ikan Datz cukup banyak mengkonsumsi oksigen. Salah satu trik untuk membuat warna ikan Dutz keluar adalah dengan membuat penerangan yang tidak terlalu terang dan isi dengan Tankmate seperti Pari air tawar yang bisa membuat mereka waspada.





REFERENSI :
  1. Froese, rainer dan daniel pauly eds ( 2013) datnioidae in fishbase april 2013.
  2. Hilton, e.j. & w.e. bemis (2005) grouped tooth replacement in the oral jaws of the tripetail, lobotes surinamensis (perciformes : lobotidae) with a discussion of its proposed relationshio to datnioides
  3. Wikipedia.com
  4. Facebook.com
  5. Ikanhias-id.blogspot.com
  6. m.Kaskus.co.id




2 comments: