Translate

Wednesday, May 23, 2018

Utsurimono Koi


Jenis Utsuri adalah jenis Koi dua warna, warna dengan dasar hitam. Variasi warna bisa berupa belang putih (Shiro), merah (Hi), atau kuning (Ki). Karena Utsuri dalam bahasa Jepang berarti bayangan. Sebagi keturunan langsung dati karper asli asia (Cyprinusn carpio) Utsuri harus memiliki warna hitam pekat, sehingga ketika digabungkan dengan warna putih salju Shiro Utsuri akan menjadi Ikan Koi paling menonjol dalam kolam.

Seperti sudah di jelaskan tadi terdapat tiga jenis Koi Utsuri yaitu :


  • Shiro Utsuri 
Shiro Utsuri merupakan jenis koi yang memiliki warna dasar hitam yang dilapisi dengan warna putih. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian belakang kepala ikan. Jadi, warna di bagian kepala ikan harus berwarna hitam dan putih.

AquariumDomain.com
Variasi Ikan Koi Shiro Utsuri ini terdapat juga beberapa variasi, antara lain :

-Shiro Utsuri Gin Rin
Terlihat pada warna sisik yang memancarkan kilau cahaya. Dengan warna yang dominan hitam dan Putih yang sama tetapi perbedaannya terletak pada sisiknya yang berkilau dan sedikit transparan.

Kodamagokujoka.com

-Shiro Utsuri Gin
Pada Shiro Utsuri Gin juga demikian sama warnanya putih agak silver dan hitam tapi sisiknya lagi yang membedakan, terlihat seperti timbul pada sisiknya, terlihat kasat mata perbedaan warna sisik yang satu dengan sisik sebelahnya. Sehinggi bentuk sisiknya terlihat besar-besar dan jelas.

Maruhiro koi farm 

-Shiro Utsuri Doitsu
Jenis Shiro Utsuri ini sangat berbeda dengan dua jenis di atas, karena warna hitam dan putih pada Shiro Utsuri Doitsu sangat terlihat sekali, dengan hitam yang sempurna dan putih juga demikian, sehingga keindahan dari Koi tersebut terlihat dan sangat detail warna punggungnya.

Kodama Koi Farm


  • Hi Utsuri
Hi Utsuri merupakan jenis Ikan Koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Yourpondfarm.blog
Terdapat dua variasi lain dari Hi Utsuri antara lain :

-Hi Utsuri Gin Rin
Perbedaan pada sisik Hi Utsuri Gin Rin sangat terlihat sekali, karena dapat memberi efek berkilau pada jenis Koi ini, sehingga mempercantik tampilan dengan warna merah atau orange yang berkilau.

Konishikoi.com

-Hi Utsuri Doitsu
Sama pada jenis Utsuri lainnya akan tetapi pasa Hi Utsuri Doitsu corak warnanya tidak semulus Shiro Utsuri, warna hitam pada Hi Utsuri Doitsu tidak membentuk garis yang sempurna, mungkin diakibatkan warna merah yang menyebabkan warna hitam pada suminya tidak begitu keluar. Tetapi hitam dan merahnya terlihat pekat.

Ikankoi.org

  • Ki Utsuri

Ki Utsuri merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka. Jenis Ikan Koi ini memiliki kombinasi warna kuning dan hitam. Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kriteria dengan Shiro Utsuri dan Hi Utsuri.


Hewan.id

Variasi Ki Utsuri juga ada 2 yaitu :

-Ki Utsuri  Gin Rin
Sama halnya dengan dua jenis Utsuri diatas Koi jenis Gin Rin memiliki sisik yang dapat memantulkan cahaya dan terlihat sedikit agak transparan.

Koi-bauer.com

-Ki Utsuri Kin
Terlihat sama seperti Shiro Utsuri Gin,  warna sisik yang berbeda antara sisik yang satu dengan  yang lainnya, sehingga seperti tidak menyatu dan seperti ada garis pemisah. bedanya warna dasar kuning dan agak keemasan yang terlihat mencolok pada Koi Ki Utsuri Kin ini.

Lagunakoi.com

REFERENSI :

www.scribd.com

2 comments:

  1. Mau bonus slot 200%????
    mari bergabung bersama kami di Winning303
    Dapatkan ragam bonus menarik untuk permainan slot kesukaan anda setiap minggunya

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    WA : 0877 8542 5244

    ReplyDelete