Translate

Monday, May 28, 2018

Kinginrin Koi


Semua kelompok Ikan Koi yang sudah dijelaskan terdiri dari jenis-jenis Ikan Koi yang mempunyai sisik yang tampak berkilau, tetapi bukan metalik. Apabila ada jenis Kohaku, Shanke, dan Showa yang memiliki sisik metalik (keperakan), Koi itu bisa digolongkan dalam kelompok Kinginrin. Jenis lain biasanya masuk ke kelompoknya sendiri.

Sisik Kinginrin mempunyai berbagai bentuk dan orang jepang menyebutnya berbeda-beda. Misalnya Pearl Ginrin, dimana sisik ikan nampak menonjol sehingga seperti tiga dimensi mirip mutiara. Ikan Koi terbaik dari jenis ini Kinginrin dikenal dengan Betaginrin.

Narita-koi.com

Koi Gin Rin dapat diklasifikasikan dalam 4 kategori :

  • Beta/Niigata Gin Rin 
Jenis Beta Gin Rin ini merupakan Ikan Koi yang jarang ditemukan. Beta Gin Rin memiliki kilauan warna yang full menutupi seluruh sisik, seperti cermin. Dengan kata lain Beta Gin Rin memiliki sisik mengkilap lengkap pada seluruh permukaan sisiknya.



  • Tama/Pearl Gin Rin (mengkilap di yengah setiap sisik) 
Spot kemilau muncul sebagai tutik reflektif kecil di tengah sisik. Bentuk dari Pearl Gin Rin ini menyerupai mutiara yang muncul pada sisik Ikan Koi. Nama lain dari Pearl Gin Rin adalah Tsubo Gin Rin.



  • Kado Gin Rin (hanya tepi sisik yang mengkilap) 
Pada jenis sisik Ikan Koi ini memiliki pola kemilau yang terpancar apabila terkena cahaya pada tepi luar dari sisik.



  • Hiroshima atau Diamond Gin Rin ( garis mengkilap pada setiap sisik ) 
Jenis paling umum dan paling halus. Pola kemilau pada sisik menyerupai berlian yang muncul pada permukaan sisik Ikan Koi. Diamond Gin Rin yang baik muncul sebagian besar pada punggung Koi/contoh terbaik memiliki setidaknya tuga baris Gin Rin di setiap sisi sirip punggung mereka terorganisir ke dalam baris yang rapi lebgkap tanpa kesenjangan dan sama kuat pada semua warna koi.


Jenis Kinginrin sangat banyak jumlahnya karena sama dengan jenis lainnya, bedanya hanya pada jenis sisiknya saja. Beberapa jenis Koi Kinginrin.

Koianswer.com


REFERENSI :

-Koiphen.com
-marisukses.com
-scribd.com

No comments:

Post a Comment