Translate

Saturday, June 9, 2018

Kim Hwa/Kamfa Lou Han


KIM HWA/KAMFA


Golden Flower merupakan nama populer  kamfa yang berasal dari kata Kim Cing Jin  yang berarti Emas/Golden dan Hwa Hua Fa yang berarti Bunga/Flower. Ikan Louhan ini merupakan hasil dari silangan ikan Cichlidae, sama seperti Kamfa. Kamfa dihasilkan oleh persilangan jenis ikan dari genus Viej dari family Cichlidae. Kamfa atau Golden Flower louhan  sudah ada sejak tahun 2000. Persilangan ini menghasilkan jenis Ikan Louhan yang memiliki bentuk mulut pendek, mata cekung dan jenong yang ukuranya lebih besar. Harga Ikan Louhan Kamfa berkisar antara 130.000 – 5.500.000 Rupiah tergantung ukurannya dan hasil perkawinsilangannya.

bahasikan.com


Ciri-ciri Ikan Louhan Kamfa :

  • Pada bentuk tubuhnya, Louhan Kamfa berbentuk seperti kotak.
  • Mata Louhan Kamfa, mata kamfa berwarna putih dan kuning serta berbentuk kecil, tetapi terdapat jenis Louhan Kamfa yang matanya berwarna merah, tetapi sangat jarang ditemukan. Bentuk mata ikan Louhan Kamfa lebih menjorok kedalam dan cekung.
  • Bibir Louhan Kamfa, mulut Louhan Kamfa tertutup, bibir bagian atas dan bagian bawah rata. Berbeda dengan ikan louhan pada umumnya yang memiliki ukuran bibir bawah lebih besar.
  • Sirip Louhan Kamfa, sirip kamfa kaku dan juga lebar. Kaku, kakunya sirip ini sudah bisa dilihat sejak masih kamfa masih anakan. Lebar,  Ketika bergerak dan berenang " aktivitas " sirip nampak lebar dan selalu berdiri. Sirip ekor Berbentuk layaknya kipas dan sirip Bawah berbentuk lebar merapat ke ekor. Antara sirip ekor dan sirip bawah, ketika kamfa semakin besar maka akan semakin rapat, ini yang dinamakan wrap tail (sirip menutup).
  • Ukuran sisik, ukuran sisik Ikan Louhan kamfa beda dengan Ikan Louhan lainnya. Ikan louhan kamfa memiliki ukuran sisik yang lebih besar dan tebal. Faktor ini juga yang mengakibatkan harga Ikan Louhan kamfa lebih mahal. Sedangkan pola corak warna ikan louhan kamfa meyerupai bunga, lebih besar dan lebih tertata rapih.
  • Warna Ikan Louhan, untuk warna louhan kamfa, hampir sama dengan jenis ikan louhan cencu. Ikan louhan kamfa dan cencu sama-sama memiliki dasar merah dan hijau kekuningan saat masih anakan. Ciri khas warna dari ikan louhan cencu adalah, ikan louhan jenis ini lebih dominana warana merah muda dari kepala hingga ujung ekor. Sedangkan untuk ikan louhan cencu dewasa berwarna merah kekuningan.
  • Marking Louhan Kamfa, baik Head Marking ataupaun Body Marking kamfa tidak memilikinya. Jika ada kamfa yang mempunyai marking, berarti kemungkinan besar ikan louhan tersebut hasil dari perkawinan silang dengan jenis louhan yang lain. Kamfa dengan sistem grade, yakni, ada grade A,B,C, akan tetapi pada umumnya penilaian (saat kontes) marking hanya 10%. Ini berbeda dengan penilaian pada louhan cencu yang bisa mencapai 15-20%. Sedangkan marking pada louhan kamfa biasanya hitam solid dan tidak diharuskan marking bergaris-garis / bertingkat.



Perbedaan Louhan Kamfa Jantan dan Betina

Perbedaan Louhan Kamfa Jantan Dan Betina adalah terletak pada bentuk kepala bagian muka, karena Kamfa betina memiliki bentuk wajah lebih lancip dibandingkan dengan yang jantan. Pada saat kamfa masih anakan, sangatlah sulit menentukan jenis kelaminya. Hanya saja kita bisa mengetahuinya dengan cara pengamatan kelamin " venting ". Atau bisa juga dengan menunggu hingga ikan mencapai ukuran 10-15cm, apakah terlihat Kamfa menetaskan telur atau tidak. Sebenarnya Ikan Louhan kamfa betina dapat menetaskan telur tanpa adanya louhan jantan, akan tetapi telur-telur tidak akan menjadi burayak.


Budidaya Louhan Kamfa

Jenis ikan louhan yang lumayan sulit untuk dibudidayakan adalah jenis kamfa. Itu karena kamfa jantan sedikit lebih lama untuk mencapai kematangan seksual sekitar 1,5-2 tahun.

Louhan kamfa terlihat pada warna matanya,  mata warna putih, mata warna kuning dan juga mata warna merah " jantan ", diketahui memiliki masalah kesuburan. meskipun belum pasti dari ketiga jenis kamfa tadi yang paling subur adalah yang bermata merah dan kuning.


Hasil Budidaya / Pengembangan Louhan Kamfa
  • Louhan Kamfa Klasik, memiliki dua warna yang berbeda pada tubuhnya. Pada bagian kepala hingga tengah berwarna merah, sedangkan pada bagian tengah ke ekor berwarna silver keputihan. Walaupun ada juga yang berwarna merah dan kuning. Pola mutiara pada sisik ikan louhan klasik lebih kecil dan hanya ada pada bagian tengah tubuh hingga ekor. Harga ikan louhan kamfa klasik biasa dibandrol dengan harga  3.000.000 Rupiah per ekor.
bahasikan.com

  • Louhan Kamfa Modern, hampir sama dengan ikan louhan kamfa klasik. Bedanya jenis ikan louha ini memliki ukuran tonjolan kepala lebih kecil. Selain itu ikan louhan kamfa modern juga memiliki tubuh cenderung lebih kecil. Tetapi harga ikan louhan kamfa medorn lebih mahal. Ini dikarenakn ikan louhan modern sangat langka dan memiliki corak warna tercantik dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Harga ikan louhan kamfa modern biasanya dijual degan harga 4.000.000 Rupiah per ekor dewasanya.
bahasikan.com

  • Louhan King Kamfa, jenis louhan ini merupakan hasil pengembangan dari kamfa. Dan ciri cirinya jenong lebih besar serta mutiara lebih banyak. Ikanlouhan king kamfa merupakan jenis ikan louhan termahal di dunia. Harga ikan louhan jenis ini lumayan merogoh kocek dalam-dalam. Ikan louhan king kamfa memiliki ciri khas tonjolan lebih besar, cenderung berwarna merah, dan banyak terdapat bintik-bintik mutiara di tubuhnya. Selain itu, ikan louhan king kamfa memiliki mutiara yang lebih rapih dan terlihat lebih besar, tubuhnya hampir berwarna silver karena corak mutiaranya. Harga ikan louhan king kamfa biasa di bandrol seharga 4.500.000 Rupiah per ekor untuk dewasanya.
bahasikan.com

  • Louhan Kamfa Thailand, seperti namanya, jenis ikan kamfa ini berasal dari Thailand. Ikan louhan kamfa thailand merupakan persilangan antara ikan louhan kamfa dan ikan louhan cencu. Yang menarik dari ikan louhan kamfa adalah ikan ini memiliki jenong yang tidak terlalu besar walaupun sudah dewasa. Hal ini menyebabkan harga ikan louhan jenis ini menjadi lebih murah. Ikan louhan kamfa thailand memiliki warna merah pudar dan memiliki pola warna sisik hitam bunga besar dari jenong kepala sampai ekor. Harga ikan louhan kamfa thailand biasa dijual dipasaran seharga  2.500.000 Rupiah per ekornya.

    bahasikan.com

  • Ikanlouhan jenis ACDC ini sebetulnya merupakan hasil persilangan antara Louhan jenis Cencu dengan Louhan Kamfa. Ikan louhan jenis ini sering membingungkan karena kadang ikan ini memiliki kombinasi karakter cencu dan kamfa. Untuk memudahkannya orang menyebutnya louhan ACDC. Tetapi kadang orang menyebutnya sesuai dengan karakter yang paling dominan dari ikan. Istilah ACDC sudah jarang didengar dan digunakan dan hanya Cencu atau Kamfa/cinghwa saja.

iddo-ibp17.blogspot.com






REFERENSI :
Majalahikan.com
iddo-ibp17.blogspot.com

No comments:

Post a Comment