Translate

Sunday, June 3, 2018

Showa Koi

Showa Sanshoku atau yang dikenal dengan Showa dikembangkan pada akhir tahun 1920an dengan menyilangkan Ki-Utsuri dengan Kohaku, warna Hi pada Showa pertama itu agak kuning kecoklatan. Baru setelah 31 tahun 1964, Tomiji Kobayashi berhasil membuat Showa yang Hi nya benar-benar merah, dengan menggunakan jenis Yagozaemon-Kohaku. Nama Showa diberikan untuk menghormati kaisar Jepang pada waktu itu.

Showa  berwarna merah dan hitam di atas warna dasar putih. pada jenis Showa biasanya dominan hitam pada suminya dibandingkan merah, dari kepala sampai ekor. akan tetapi sekarang ini banyak Showa yang tidak demikian seperti halnya Hi Showa dan Kindai Showa, dan ciri yang paling mencolok  pada ikan ini adalah sirip dan bagian kepalanya yang juga berwarna hitam.


pinterest.com

Dan terdapat juga beberapa Koi jenis Showa, sebagai berikut ini :



  • Maruten Showa
c1.staticflickr.com


Pada jenis Maruten Showa, terlihat sepintas seperti Tancho karena ada tanda merah pekat di atas kepalanya tetapi pola warna di tubuhnya sama seperti Koi Showa lainnya.




  • Tancho Showa


gilakoi.com

Tancho Showa tidak sama dengan Maruten walaupun memiliki ciri yang sama yaitu ada tanda merah di kepalanya dan membulat, anak tetapi corak di tubuhnya hanya hitam dan putih, dan corak merah hanya muncul di kepalanya saja. Sama seperti pada jenis Tancho lainnya yang memiliki totol merah di kepalanya.



  • Koromo Showa 
koi.com

Pada jenis ini sama seperti kerabatnya yaitu Koromo dengan jenis sumi yang bertindihan dan memberikan efek warna lain, karena merah dan hitam menyatu, sama seperti karakteristik warna koi Koromo.


  • Gin Rin Showa
queni-koi.co.uk

Sama seperti jenis Koi Gin Rin yang lainnya, dengan memiliki jenis sisik yang dapat memantulkan cahaya seperti kaca atau berlian. sama seperti pada jenis Gin Rin lainnya.


  • Showa Doitsu
pondexperts.ca

Pada jenis ini dihasilkan dari hasil persilangan dari kerper Jepang dan Jerman, sehingga membuat perbedaan pada jenis suminya, memiliki warna yang sama tetapi berbeda pola, pola yang di hasilkan lebih tegas dari Koi kerper Jepang. Dan memiliki warna yang merah yang cerah, hitam yang pekat dan putih seputih salju.


  • Kage Showa
edokoi.dk

Pada jenis Kage Showa terdapat perbedaan pada penampang suminya yang tidak biasa, yaitu seperti bayangan dan terpotong-potong pada Hi atau warna putihnya.




  • Kin Showa

grandkoi.com


Pada jenis Kin Showa juga termasuk unik, karena merupakan hasil perkawinan silang dengan jenis Kohaku dan Asagi yang termasuk jenis Hikari Utsuri-Mono, karena terlihat pada jenis sisiknya dan warna sisiknya yang berwarna metalik pada warna putihnya.

  • Doitsu Kin Showa
pinterest.com

Sama seperti jenis diatas, perbedaannya terletak pada sumi yang berwarna tegas, sama seperti pada jenis Doitsu lainnya, dan merupakan perkawinan silang anatar jenis Koi Jepang dan Jerman.


  • Hi Showa
yourpondfarm.blog

Koi Showa  jenis ini  memiliki dominasi  warna sumi merah yang terdapat dari kepala sampe ekor.

  • Boke Showa
id.pinterest.com


Jenis ini berwarna sama dengan Showa lainnya tetapi memiliki sumi yang samar /blur dan berwarna sedikit keabu-abuan dan dominan putih.

  • Kanako Showa
Konako Showa sama seperti dengan Boke Showa yaitu sama-sams memiliki ciri yang sama, karena memiliki sisik seperti timbul dan tidak menyatu dengan lainnya. biasanya terdapat totol-totol merah dari suminya.


  • Kindai Showa

pinterest.com

Jenis Kindai Showa juga merupakan jenis Showa yang juga unik, karena tidak seperti kebanyakan Showa yang memiliki corak hitam pekat pada sisiknya. Pada jenis ini sepertinya kebalikan dari Showa yang hanya memiliki sedikit corak hitam pada punggungnya tetapi juga tidak sama dengan jenis Sanke karena terlihat pada sirip dan ekor yang berwarna hitam. Dan memiliki warna putih lebih dominan dari warna hitamnya. Nama jenis Kindai Showa sendiri diambil hanya untuk membedakan dengan Showa traditional yang biasa kita lihat, dan berbeda dengan jenis Kindai Showa yang didominasi warna putih yang populer setelah tahun 1980. dan Kindai Showa juga termasuk varietas Koi jenis Showa.




REFERENSI :


breederkoi.com

scribd.com
gilakoi.com

No comments:

Post a Comment