Translate

Wednesday, May 30, 2018

Hikari Moyo-Mono (Kujaku) Koi

Hikari Moyo-Mono (Kujaku) adalah kelompok Koi metalik dengan kombinasi dua warna atau lebih yang termasuk kelompok ini antara lain Kujaku, Hariwake, dan Yamatonishiki. Khujaku adalah koi metalik dengan dua warna yang memiliki pola sisik Matsuba. Ikan Koi ini memiliki besar tubuh yang seimbang dan kepala cantik yang bersih. Kualitas kilau kulit dan susunan sisik yang baik merupakan aspek penting pada Koi metalik.

Jenis dari Hikari Moyo-Mono antara lain :

  • Kujaku
Merupakan jenis dua warna karena Koi jenis ini memiliki corak warna metalik berpadu dengan corak orange yang mengkilap.


koi-bauer.com
  • Doitsu Kujaku
Jenis ini hampir mirip dengan Kohaku perbedaannya yang sangat mencolok adalah perpaduan 2 warna yang berbeda dengan Kohaku yaitu Orange polos tanpa sisik dan putih serta warna metalik yang menambah perbedaannya.

koiridderkerk.nl

  • Yamato Nishiki
sedangkan jenis Yamato Nishiki ini memiliki tiga corak warna sama seperti Showa dan Shanke tapi perbedaannya dsngst terlihat jelas dengan paduan warna metaliknya.

www.pinterest.se

  • Kikushui
sama seperti Doitsu Kujaku tadi, tapi warnanya tidak sama, memiliki dua jenis pola yang sama tetapi berbeda warna, jenis Kikhushui ini lebih dekat dengan Kohaku di bandingkan dengan Doitsu tadi karena memiliki warna tubuh putih dan merah, yang membedakannya adalah pada warna metalik yang dimilikinya dan warna merah menyalahnya.

samuraikoi.com

  • Heisei Nishiki
koiphen.com
Koi jenis ini memiliki semua kriteria yang di sebutkan diatas, yaitu bercorak tiga warna, hitam dan putih metalik di padu dengan sisik yang dia punya, sehingga terlihat penuh pada punggung (sumi) dan tubuh jenis Heisei Nishiki ini.


REFERENSI :

Scribd.com
aqueros.blogspot.com

No comments:

Post a Comment